Our Story
Kamu tau gak kenapa ‘Tangguh, Bermental Baja’ masuk ke dalam The Bhinnekaners Way? Bhinneka yang kita kenal sekarang tidak serta-merta langsung menjadi perusahaan besar, lho. Ada banyak tantangan yang harus Bhinneka lewati dari tahun ke tahun. Seperti apa ya perjalanan Bhinneka, pelopor e-commerce di Indonesia?Ayo cek disini!
1984 – 1992
Awalnya, kami bernama PT. Bhinneka Data Proses. Kami bergerak di bidang software, konsultan, dan produk Apple. PT ini milik Wealsoft Computer yang di-invest oleh orang Singapura
1993 – 1997
Karena konsolidasi dan perubahan manajemen menjadi lokal, kami pun berubah nama menjadi PT. Bhinneka Mentari Dimensi yang kita kenal sekarang. Kami pun terus berkembang menjadi distributor ‘large format printer’ merk Encad (USA), Roland (Jepang), dan computer merk Micron (USA).
1997 – 1999
Saat krisis melanda Indonesia, langkah survival pun kami lakukan. Mulai dari efisiensi karyawan, sampai disversifikasi usaha. Membuka tambak udang di Bali, produksi tas dengan merk Boxlight, furniture merk Daku Design, jasa signage ‘Camar’, dan menjual sembako pun dijalani agar bisa survive
1 Juni 1999
Dengan semangat dan tekad besar, kami pun kembali fokus pada bisnis IT dengan meluncurkan online store Bhinneka.com
1999 – 2000
Kami memulai re-strategy bisnis dari distributorship (ekslusif menjual produk tertentu dan merek tertentu) menjadi retail (produk dan merek beragam).
2001 – 2005
Pada Oktober 2001, kami membuka outlet pertama di Mangga Dua. Kami mulai fokus memantapkan branding sehingga memenangkan berbagai kompetisi dan award
2005 – 2010
Kami memulai re-strategy dengan mengintegrasikan online dan offline store menjadi omni-channel. Untuk meningkatkan user experience, konsep offline store disamakan dengan online store. Pada rentang waktu ini, Bhinneka turut membuka beberapa cabang baru  seperti di Cibubur Junction, Ratu Plaza, dan Ambasador Mall.
2010 – 2014
Pada tahun 2010, kami meluncurkan photography store di kantor pusat-Gunung Sahari. Lalu, sejak tahun 2011 terus memperluas kategori bisnis non IT.
2015 – Saat ini
Di tahun ini Bhinneka menjadi online Store pertama yang berani bekerja sama dengan pemerintah meluncurkan konsep online untuk belanja anggaran pemerintah: LKPP. Selain pembukaan cabang di Surabaya, Bhinneka turut mendapatkan pendanaan pertama dari Ideosource. Perubahan struktur dan management baru pun dilakukan agar Bhinneka lebih siap untuk menjadi semakin besar.